Laporan kegiatan Mengajar di Paud Cempaka - 2
Pembelajaran di PAUD CEMPAKA dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building Pancasila bersama
Teach For Indonesia (TFI)
Kelas : LE21
Kelompok : 3 (Tiga)
Dosen : Catarina Natasha Manurung, SH.,MM.
Kode Dosen : D3104
Waktu : Rabu, 29 Maret 2017
Pukul : 10.00 - selesai
Lokasi Kegiatan : Paud Cempaka , jalan Palmerah Utara 1 no 35
Anggota yang hadir:
Ketua: Leowandy Setiawan N. 2001557501
Anggota:
1. Fifi Valentine Manahan 2001557073
2. Irene Marcelina Gosal 2001563196
3. Erin Wongso 2001564772
4. Yolanda Triana 2001558334
5. Verent Anggasta 2001559412
6. Verlyn Willim 2001564684
7. Maria Astria Sanjaya 2001564431
Anggota yang tidak hadir: - (SEMUA HADIR)
Berikut laporan kegiatan kelompok kami dalam pertemuan kedua di Paud Cempaka
Pada hari Rabu, 29 Maret 2017, kami semua datang ke PAUD Cempaka untuk mengajar kelas TK-A mulai pukul 08.00-10.00. Guru di PAUD tersebut pun telah memberi kami arahan mengenai materi yang sedang mereka pelajari, dan mempersilahkan kami untuk menambah materi yang kami bawa. Sebelum kelas dimulai, anak-anak tersebut membacakan doa sebelum belajar. Setelah membacakan doa, guru tersebut mengajak anak-anak untuk bermain sejenak untuk membangun semangat mereka. Selanjutnya, kami pun dipersilahkan untuk mengajar kelas tersebut. Anak-anak tersebut memiliki tugas menulis yang harus mereka selesaikan terlebih dahulu .
Mereka dikenalkan dengan huruf dan latihan penulisannya
Kami membantu mereka menyelesaikan tugas menulis tersebut.
Lalu kami semua mengajak mereka untuk menyanyikan beberapa lagu anak-anak, dan juga lagu Pancasila. Ini adalah kali pertama mereka menyanyikan lagu Pancasila. Mereka pun sangat senang karena dapat mempelajari lagu baru dan dapat mengikuti dengan baik. Setelah bernyanyi, kami menyebutkan kelima sila Pancasila dan meminta mereka untuk mengikutinya. Walaupun mereka masih kebingungan dan tidak mengerti apa makna sebenarnya dari sila Pancasila, kami tetap melafalkannya agar kelak mereka tidak merasa asing. Mereka dengan semangat meminta kami untuk mengulang setiap sila dari Pancasila agar mereka dapat ikuti. Lalu mereka pun memasuki jam istirahat. Sebelum keluar dari kelas, mereka membacakan doa makan. Setelah itu mereka keluar kelas dan bertemu dengan pendamping mereka untuk meminta bekal, adapun yang jajan. Sebagian besar orang tua atau pendamping mereka akan menunggu hingga pulang sekolah. Terdapat beberapa jajanan di halaman sekolah tersebut.
Jam istirahat pun selesai, mereka masuk kembali kedalam kelas. Mereka lalu membacakan doa setelah makan. Kami lanjut mengajarkan mengenai Pancasila dan mereka menyimak dengan baik. Kami juga mengajak mereka bermain games agar anak-anak tersebut tidak merasa jenuh selama pembelajaran. Ada dua diantara mereka yang tiba-tiba ingin maju dan menyanyi didepan kelas. Mereka lalu menyanyikan lagu Bintang Kecil, dan teman-teman sekelasnya ikut bernyanyi. Waktu berlalu sangat cepat, dan tibalah waktu pulang. Mereka kemudian membacakan doa pulang lalu berbaris untuk memberi salam kepada Ibu Guru dan kami sekelompok. Kami membagikan mereka permen sebelum mereka keluar dari kelas. Kami juga berfoto dengan Ibu Guru dan anak-anak dari kelas ini. Kegiatan mengajar pertemuan kedua ini pun selesai.
Setelah semua anak meninggalkan ruangan kelas kami pun memberikan suatu laporan evaluasi terhadap apa yang telah kami lakukan dikelas dan respon guru di PAUD sangat baik terhadap kami. Setelah itu kami pun pamit pulang, dan berterima kasih kepada guru di PAUD karena sudah mengizinkan kami untuk mengajar. Berikut laporan yang telah di nilai dan ditanda-tangani oleh guru di PAUD;
Kesimpulan:
Anak-anak menjadi kenal akan huruf-huruf, lagu Pancasila, dan kelima sila Pancasila.
Pancasila
Sila 1. Ketuhanan yang Maha Esa
Sila 2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
Sila 3. Persatuan Indonesia
Sila 4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilam
Sila 5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Komentar
Posting Komentar